KOTA WISATA BATU

2016
09.01

2

Kota Batu adalah sebuah Kota kecil yang terletak di Jawa timur . Letaknya yang berada di pegunungan membuat Kota Batu memiliki hawa yang dingin dan sejuk .

Selain kotanya yang indah warga masyarakat kota Batu juga sangat ramah , mereka masih sangat memegang teguh budaya yang dimilikinya , religius dan sifat gotong royongnya juga masih kental .

Semua Kota memiliki ikonnya masig-masing yang mencirikan kotannya. Dan seperti kota-kota lain Batu juga memiliki ikon yang cukup unik yaitu Freiswell/bianglala dan juga patung apel yang berada di alun-alun kota Batu yang sangat tersohor .

Tidak afdhal rasanya jika ke Kota Batu tidak mengunjungi Pos Ketan legenda yang sangat terkenal di Batu , bahkan artis ibu kota pun jika berkunjung ke Batu tidak pernah melewatkan untuk datang ke Pos Ketan Legenda yang terkenal. Selain itu makanan khas dari Kota Batu diantaranya adalah jenang apel yang bahan bakunya adalah apel tentunya . Karena Kota Batu terkenal dengan sentra penghasil apel maka tidak heran jika di Batu kita sangat mudah menjunpai pedagang apel . Keadaan geografis dan suhu udara serta ketinggian kota batu membuat apel tumbuh subur di Kota Batu.

 

Berbicara soal budaya, budaya dan kesenian di Batu begitu tersohor diantaranya ialah kesenian Bantengan .Kesenian bantegan digambarkan dengan orang-orang yang memakai kostum hewan-hewan seperti banteng, macan, monyet dan lainnya. Selain kesenian ada juga tradisi seperti selametan desa yaitu bentuk rasa syukur warga masyarakat terhadap limpahan nikmat atau rejeki dari Tuhan yang didapatkan misalnya dari panen yang melimpah, kelahiran anak , dan masih banyak lagi . Sebagai warga masyarakat yang memegang teguh tradisi masyarahat kota Batu sampai saat ini masih suka bergotong royong dalam banyak hal seperti , perbaikan jalan , pembangunan masjid , pembangunan tempat tinggal, pembangunan saluran air dan masih banyak lagi .Untuk masalah pengambilan keputusan masyarakat selalu melakukan musyawarah mufakat.

67

Your Reply